INTO INNOVATION “The most important innovation in my life is….. “TELECOMMUNIVATION”

Bibir dikulum sambil kepedesan, samlekum para juragan! Balik lagi nih sama ane yang sekarang bakal ngebahas tentang the most important innovation in my life.

Telekomunikasi sudah menjadi bagian dari hidup setiap umat manusia dan sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat cepat dan penuh dengan inovasi. Hampir rata-rata setiap orang sudah mempunyai hape, bahkan tukang nasi goring keliling aja udah punya hape hahaha, jadi saat ini hape sudah bukan barang mahal yang hanya bisa dibeli sama orang yang punya duit, semua kalangan pun bisa punya hape.

Masih inget ga agan-agan pas bokap nyokap kita pake peger sekitar 12 tahun yang lalu? Ane masih ingat loh gan pas bokap ane bicara sama salah satu operator peger untuk nyampein pesan buat teman kerjanya yang bunyinya “Hai Mira, besok kita ketemu jam 2 di Mal Metropolitan ya, dari Edhit” itulah alat komunikasi bergerak pertama yang sempat populer di kota – kota besar di Indonesia. Teknologi peger dikategorikan dalam kategori simplex transmission dimana komunikasi hanya bisa dilakukan satu arah dari operator ke user dan tidak bisa sebaliknya.

Nah sebelum ngebahas lebih jauh lagi mengenai inovasi di bidang telekomunikasi, ane mau sharing dikit nih mengenai pengertian dari telekomunikasi itu sendiri, langsung aja yaa…

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan ‘telekomunikasi’ bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:

▪       Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager ,Televisi dan Radio.

▪       Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Telepon dan VOIP.

▪       Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, fax, dan Chat Room

Komponen dasar

Untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu :

▪       Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan

▪       Pengirim : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim

▪       Media Transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh.

Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang teknologi, agan-agan sekalian pasti menyadari pesatnya inovasi di bidang telekomunikasi yang jaman dulu orang-orang ngirim pesen pake pager trus hapenya pada segede batu bata ampe bisa dipake buat nimpuk maling atau ganjel pintu dibandingin ama  hape jaman sekarang yang udah serba canggih dengan koneksi 3G bahkan 4G dengan bentuk yang futuristic sesuai dengan kebutuhan manusia saat ini, rata-rata orang udah pake bb jadi tinggal kirim pesen kmana aja bisa. Udah gitu jaman dulu kartu perdana harganya bisa sampe 100ribu, muahaaaall beneeerrr, skarang mah goceng juga dapet tuh kartu perdana hahaha..

Nah ane mikir seiring berkembangnya teknologi informasi di dunia ini dengan berbagai inovasi dan penemuan-penemuan terbaru pasti suatu saat nanti telekomunikasi akan jauh lebih baik dari yang ada saat ini, Apple, Inc menurut ane udah menguasai inovasi di bidang teknologi informasi ditambah dengan Windows yang selalu menjadi rival dari Apple, dan mungkin saja suatu saat nanti bakal ada perusahaan yang bisa menyaingi kedua raja IT tersebut (smoga aja perusahaan ane gan AMIIIN).

Ane yakin nanti suatu saat ga ada lagi tuh yang namanya pulsa, semua konektivitas telekomunikasi serba gratis, internet dimana-mana dan dapat diakses dengan kecepatan koneksi yang jauh jauh berkali kali lipat lebih cepat daripada yang skarang ada, bahkan koneksi hape sudah mencapai 20G bukan 3G lagi. Ditambah dengan perangkat telekomunikasi yang sangat canggih, serba otomatis, serba ada, dan murah. Istilahnya satu hape untuk semua hahaha… Pasti agan-agan semua mau kan telfonan atau sms an gausa takut pulsa abis dan ga perlu buang buang duit beli pulsa lagi, gausa repot-repot ke warnet kalo mau pesbukan atau ngaskus, soalnya semua koneksi teleponnya smua udah pakai koneksi berbasis internet dan satelit jadi agan-agan bener bener bakal untung banget dan ane yakin suatu saat entah berapa tahun lagi dunia pertelekomunikasian bakal jadi kaya yang ane pikirin, serba gratis, otomatis, futuristis, ngartis, autis, tis tis tisss…. Hehehehe

Yauda de sekian dulu postingan dari ane, bibir dikulum dimuntahin lagi, samlekum selamat pagi!

Sampi berjumpa di episode selanjutnya!

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: